BANTU LARISI TOKOKU YA
KHOLSTORE
Banner IDwebhost
Sejarah Perkembangan Smartphone di Dunia

Sejarah Perkembangan Smartphone di Dunia



*       

Haii... good afternoon, guys. How are you? I’m fine J walah walaahh.. so so pakai bahasa inggris segala. Emang aku orang inggris, tapi nggak tahu inggris mana. Hahaha
Kali ini aku akan memposting perkembangan Smartphone di DUNIA!! Sudah pada tahu belum?? Dan kalian pastinya sudah pada punya Smartphone, kan? Nggak mungkin deh, kalau agan-agan ini belum mempunyai Smartphone. Sudah tahun 2015 lhoo. Katanya kan, kalau nggak ngikutin perkembangan jaman, jadi orang KETINGGALAN gituu,. Itu sih kata orang. Lah aku sendiri gimana, sudah punya Smartphone belum? Belum, gan. Eh, berarti kamu orang yang ketinggalan jaman dong. Itu kan kata orang, gan... aku belum punya duit nih buat beli Smartphone L waduh waduhhh.. kasian banget yah? Lho lho lho, kok malah curhat. OK! Langsung saja kita bahas apa itu SMARTPHONE, dan bagaimana perkembangannya. Cekkidot:

P
onsel cerdas atau smartphone (Bahasa Inggris) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembanga aplikasi. Bagi yang lainnya, ponsel cerdas hanyalah merupakan sebuah ponsel yang menyajikan fitur canggih seperti surel (surat elektronik), internet dan kemampuan membaca e-book (buku elektronik) dan penyambung VGA. Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.
*       
Simon merupakan ponsel cerdas pertama kali yang dirancangn oleh IBM pada tahun 1992 dan dipamerkan sebagai produk konsep tahun 1992 di COMDEX (sebuah pameran komputer di Las Vegas, Nevada. Kemudian, ponsel cerdas tersebut dipasarkan ke publik pada tahun 1993 dan dijual oleh BellSouth. Simon ini tidak hanya menjadi sebuah telepon genggam, ponsel cerdas tersebut juga memiliki kalenar, buku telepon, jam dunia, tempat pencatat, surat elektronik, kemampuan mengirim dan menerima faks dan permainan. Telepon canggih tersebut tidak mempunyai tombol-tombol, melainkan para pengguna menggunakan layar sentuh (touch screen) untuk memilih nomor telepon dengan jari atau membuat faksimile dan memo dengan tongkat stylus. Teks dimasukkan dengan papan ketik “prediksi” yang unik di layar. Bagi standar masa kini, SIMON merupakan produk tingkat rendah, tetapi fiturnya pada saat itu sangatlah canggih.

Nokia  Communicator  merupakan ponsel cerdas pertama Nokia, dimulai dengan Nokia 9000 pada tahun 1996. Ponsel cerdas yang serupa dengan komputer tangan yang unik ini adalah hasil dari usaha penggabungan model PDA buatan Hewlett Packard yang sukses dan mahal dengan telepon Nokia yang laris pada waktu itu. Nokia 9210 merupakan komunikator berlayar warna pertama dan juga merupakan ponsel cerdas sejati yang menggunakan sistem operasi. Komunikator 9500 menjadi komunikator berkamera dan ber-WiFi pertama. Komunikator 9300 meiliki perubahan dalam bentuk yang lebih kecil dan komunikator yang terbaru E90 menyertakan GPS.

Ericsson R380 dahulu terjual sebagai “ponsel cerdas”, tetapi tidak bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga.
*                   
Palm OS Treo yang dikeluarkan oleh Handspring pada Oktober 2001 dengan papan ketik penuh digabung dengan jelajah jejaring tanpa kabel, surel, kalendar, dan pengaturan daftar nama, dengan aplikasi pihak ketiga yang dapat diunduh atau diselaraskan dengan komputer.
*                   
BlackBerry yang dikeluarkan oleh RIM pada tahun 2002 merupakan ponsel cerdas pertama dengan penggunaan surel nirkabel yang optimal dan penggunanya telah mencapai 8 juta (sampai Juni 2007), ¾ pemakainya berada di Amerika Selatan.

Handspring menyajikan ponsel cerdas yang populer dipasaran Amerika dengan bergabung dengan Palm OS berbasis Visor PDA dengan jaringan telepon GSM, VisorPhone. Tahun 2002, Handspring menjual ponsel cerdas bernama terintregasi bernama Treo. Perusahaan ini bergabung karena penjualan PDA sudah mulai mati, tetapi ponsel cerdas Treo secara cepat menjadi populer sebagai telepon berfitur PDA.

Pada tahun yang sama, Microsoft mengumumkan Windows CE komputer kantong OS dinobatkan sebagai “Microsoft Windows Powered Smartphone 2002”.

Pada tahun 2005, Nokia menerbitkan seri-N ponsel cerdas 3G yang dijial bukan sebagai telepon genggam tetapi sebagai komputer multimedia.
*                   
Android, OS untuk ponsel cerdas keluaran tahun 2008. Android didukung oleh Google, bersama pengusaha piranti keras dan lunak  yang terkemuka lainnya seperti Intel, HTC, ARM, Motorola dan eBay, yang kemudian membentuk Open Handset Alliance.
*                   
Telepon pertama yang menggunakan Android OS adalah HTC Dream, merk keluaran dari T-Mobile sebagai G1. Fitur telepon penuh, layar sentuh secara utuh, papan ketik QWERTY, dan bola jalur untuk menavigasikan halaman web. Piranti lunak cocok dengan aplikasi Google, seperti Maps, Calendar, dan Gmail, juga Google’s Chrome Lite. Aplikasi pihak ketiga juga tersedia lewat Android Market, ada yang gratis ataupun dengan biaya.
*                   
Pada Juli 2008, Apple memperkenalkan App Store dengan aplikasi gratis dan dengan biaya. App Store dapat menyampaikan aplikasi ponsel cerdas yang dikembangkan oleh pihak ketiga langsung dari iPhone atau iPad Touch dengan WiFi atau jaringan selular tanpa menggunakan komputer untuk mengunduh. App Store telah menjadi suatu kesuksesan bagi Apple dan pada Juni 2009 terdapat lebih dari 50.000 aplikasi yang ada. App Store menembus satu juta unduh aplikasi pada 23 April 2009.
*                   
Mengikuti popularitas App Store dari Apple, banyak yang membuat aplikasi sendiri. Palm, Microsoft dan Nokia telah mengumumkan toko aplikasi mirip milik Apple. Baru-baru ini RIM membuat toko aplikasi yaitu BlackBerry App World.



Demikianlah seajarah perkembangan Smartphone di Dunia. Semoga menambah ilmu buat agan. Terima kasih sudah berkunjung. Jangan lupa tinggalkan jejak dalam kolom komentar ^_^   sampai jumpa dipostingan selanjutnya..

JIKA ANDA DATANG DARI GOOGLE+, SILAHKAN VOTE +1 UNTUK HALAMAN INI. TERIMASIH ATAS BANTUANNYA.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon

banner