BANTU LARISI TOKOKU YA
KHOLSTORE
Banner IDwebhost
8 PENYEBAB NYONTEK DAN PENANGGULANGANNYA

8 PENYEBAB NYONTEK DAN PENANGGULANGANNYA




Hai.. selamat malam shobat kholidintok.blogspot.com
Pasti shobat sekalian sudah pada tahu dong besok hari apa? Ya! Tepat bingitts.. Senin,13 April 2015 adalah hari UN untuk tingkat SMA. Sudah pada siap dong pastinya J meskipun nilai UN bukan sebagai penentu kelulusan, tapi shobat harus rajin belajar dan memaksimalkan dalam mengerjakan UN, OK? Karena nilai UN sangat mempengaruhi masa depan kita lho.. misalnya, shobat mau terjun ke dunia kerja, pastinya setiap perusahaan ada batasan minimum nilai UN agar diterima sebagai karyawan atau karyawati, bukan? Begitu juga, bila shobat mau melanjutkan ke perguruan tinggi.
Tapi, kalau shobat ingin mendapatkan nilai UN yang bagus, jangan berbuat curang yaa.. jangan dikebiasaain menyontek, nggak bagus tuh. Kalau dihubungkan dengan Agama, menyontek juga berdosa lhoo. Yuk, kita simak 8 PENYEBAB NYONTEK DAN PENANGGULANGANNYA.
NYONTEK , salah satu aktivitas pelajar yang acap kali dillakukan ketika mereka menghadapi ulangan harian maupun tes aktivitas ini kian membuadaya dan caranya pun mulai beraneka ragam dari potongan kertas hingga melalui handphone. Lalu timbul pertanyaan “Mengapa harus nyontek?” ada beberapa faktor yang mendorong pelajar untuk melakukan perbuatan ini, yaitu:
1.   Berniat Hendak Nyontek
Semua perbuatan sumbernya daari niat. So, kalau sudah ada niatan untuk nyontek saat ulangan, mau belajar juga malas dan tidak konsentrasi belajar karena selalu berpikir bahwa saat ulangan nanti hendak nyontek.
Penanggulangan: Buang jauh-jauh niat untuk nyontek dan tumbuhkan semangat belajar kamu.

2.   Adanya Kesempatan
Guru pengawas bersikap cuek dan membiarkan anak didiknya tengok kanan-kiri ataupun nyontek, biasa menyebabkan seorang peserta ulangan ingin nyontek sehingga pikirannya tidak jernih. Pada akhirnya, ia nyontek.
Penanggulangan: Bila guru pengawasnya cuek atau nyontek, kamu bisa menegurnya secara halus dan terselubung sehingga teman-teman tidak memarahimu. Misalnya dengan mendehem atau batuk-batuk.

3.   Motivasi Ingin Mendapatkan Nilai Bagus Tanpa Harus Susah-susah Belajar
Nontek itu enak lho. Tanpa susah-susah berpikir, tinggal menyalin jawaban dalam contekan yang kita buat dan dijamin jawaban kita benar memacu kita untuk selalu nyontek agar nilai ulangan kita selalu bagus.
Penanggulangan: tanamkan dalam pikiran kita bahwa bila ingin mendapatkan nilai bagus harus berkorban yaitu belajar giat.

4.   Terlalu Banyak Bahan Ulangan yang Harusn Dipelajari
Banyaknya bahan pelajaran yang harus dipelajari ditambah isinya bersifat hafalan dan rumus-rumus berakibat kita akan menerapkan sistem belajar kilat dan tanpa pemahaman. Hal ini berdampak kita akan lupa apa jawaban dari soal ulangan. Ujung-ujungnya pasti nyontek.
Penanggulangan: Untuk satu ini, kita harus belajar dikit-dikit. Jangan belajar sistem wayangan. Banyak lupanya lho.!

5.   Pandangan
Bahwa nyontek adalah hal wajar dan merupakan kebiasaan pelajar, sehingga si penyontek tidak merasa bersalah.
Penanggulangan: Nyontek berarti mencuri jawaban. Dan ini berkaitan dengan agama. Oleh karena itu, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan.

6.   Rasa Kurang Percaya Diri
Karena ada pelajaran tertentu yang agaknya bagi kita terlalu sulit untuk dikerjakan membuat kita jadi tidak PD. Alhsil nyontek jadi alternatif pertama untuk menjawab soal-soal ulangan.
Penanggulangan: Hilangkan perasaan ini dengan cara cuek dan pasrah.

7.   Terpengaruh Lingkungan
Teman-teman di kelas sering nyontek menyebabkan kita juga ingin nyontek. Tapi, kalau teman-teman mendiri, nggak bakalan kamu mau nyontek sendiri. Pasti rasanya segan dan malu.
Penanggulangan: Saat ulangan, konsentrasilah pada soalnya. Jangan sekali-kali tengok kanan-kiri, karena begitu ngeliat temen-temen pada nyontek, kamu juga ingin nyontek. Berikan penerangan pada penyontek-penyontek agar meninggalkan budaya nyontek.

8.   Menikmati Enaknya Nyontek
Nyontek itu ibarat narkoba. Sekali dicoba, kita akan ketagihan. Akhirnya jadi ketagihan dan terbiasa.
Penanggulangan: Belajar dari narkoba, nyontek pun akan merusak otak kita, pokoknya jadi malas mikir. Nah, suatu saat kamu bakalan nyesel. Ternyata nyontek itu kenikmatan sesaat.



Nah, sudah tahu kan penyebab dan penanggulangan nyontek.? Sebenarnya masih banyak faktor yang lain tapi peulis takut temen-temen jadi males membacanya. Friens. Lebih baik mendapat nilai jelek tapi hasil pemikiran sendiri dari pada nilai bagus tapi hasil nyontek. Bener kan! Buat penyontek-penyontek, lakukan terapi pengurangan budaya nyontek,  karena dengan nyontek berarti kita menipu diri sendiri dan orang lain. Semoga opini bermanfaat. Tapi maaf, opini ini belum tentu akuran 100%.
Sumber : buku Koleksi Ambrul Ladul dari Nuzul Ibnu Aziz

JIKA ANDA DATANG DARI ACCOUNT GOOGLE+, SILAHKAN VOTE +1 UNTUK HALAMAN INI. TERIMAKASIH ATAS BANTUANNYA.


T: @Kholidin_Alian

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon

banner