BANTU LARISI TOKOKU YA
KHOLSTORE
Banner IDwebhost
Peran Nahdlatul Ulama dalam Membentuk Dasar Negara Indonesia

Peran Nahdlatul Ulama dalam Membentuk Dasar Negara Indonesia

Assalamualkimun teman-teman, sahabat, kakak-kakak, adek-adek, dan semuanya. Kalian sudah tahu belum, kalau Nahdlatul Ulama itu memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan dasar Negara Indonesia ini. Yuk kita simak ulasan berikut ini:

Bahwa perjuangan umat Islam Indonesia untuk menolak penjajahan dan memperjuangkan kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah telah berlangsung sejak lama. Begitu pula ketika perjuangan merebut kemerdekaan sudah mendekati keberhasilannya. Umat Islam memberikan saham yang sangat besar dalam mempersiapkan lahirnya Negara Indonesia merdeka, yaitu melalui para pemimipinnya, umat Islam ikut menentukan wujud, asas dan hukum Negara yang akan lahir itu.

K.H. Abdul Wahid Hasyim tidak ada henti-hentinya mengadakan kontak dengan para tokoh nasionalis guna mendesak Jepang segera mewujudkan kemerdekaan yang pernah diucapkan. Perjuangan mereka berhasil hingga pada tanggal 29 April 1945 dibentuk Dokuritsu Zyunbi Tyoosokai atau yang kita kenal dengan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan K.H. Abdul Wahid Hasyim termasuk salah satu anggota badan tersebut.

Selanjutnya, K.H. Abdul Wahid Hasyim juga terlibat aktif dalam perumusan konstitusi dan dasar Negara bersama tokoh lain, yaitu : Soekarno, Mohammad Hatta, Muhammad Yamin, Achmad Soebardjo, Abikoesno Tjokrosoejoso, H. Agus Salim, A.A. Maramis dan Abdul Kahar Muzakkir yang disebut dengan Panitia Sembilan. Mereka membutuhkan tanda tangannya pada Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945.

Piagam Jakarta sendiri merupakan kesepakatan awal antara golongan Islam dengan golongan nasionalis dalam hal perumusan Undang-Undang Dasar. Kesepakatan itu termaktub dalam suatu naskah yang akan dijadikan sebagai Preambule atau Pembuakaan Undang-Undang Dasar. Dalam naskah pembukaan itulah bahwa Pancasila menjadi dasar Negara Indonesia.

Bagi Nahdlatul Ulama, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan bentuk final dari sistem kebangsaan dan akan terus dipertahankan kelestariannya, telah menjadi salah satu bukti bahwa Nahdlatul Ulama memiliki semangat nasionalisme yang tinggi.

Referensi : Ke-NU-an X MA
Sumber Gambar : http://mahad-aly.sukorejo.com/2015/02/28/pancasila-dan-nkri-dalam-pandangan-nu.html

Nah, demikianlah postingan kali ini yang berjudul Peran Nahdlatul Ulama dalam Membentuk Dasar Negara Indonesia. Semoga bermanfaat, ya. Wassalamualaikum.

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon

banner