BANTU LARISI TOKOKU YA
KHOLSTORE
Banner IDwebhost
Minggu Kedua PKL di DISHUBKOMINFO Kebumen

Minggu Kedua PKL di DISHUBKOMINFO Kebumen

Assalamu'alaikum. Selamat pagi kawan.. Ini kegiatan kami saat PKL (Praktek Kerja Lapangan) di DISHUBKOMINFO Kebumen pada minggu kedua.

Hari Jum'at kemarin ada mata kuliah Metodologi Penelitian. Setiap mahasiswa ditanya 'PKL diamana dan bagian apa?' Kita berempat menyebutkan yang sama, 'PKL di DISHUBKOMINFO dan membuat SIMDOKEL'. Si dosen tanya lagi, 'Kok sama?' Kita pun bingung. Setelah selesai kuliah, kita tanya ke bagian akademik, tapi jawaban kurang memuaskan.

Senin, 24 Oktober
Kita membicarakan masalah ini ke Pak Nasir dan Pak Toto. Setelah bicara nggak sampai satu jam, kita ke kampus menemui bu Fitri. 'Silahkan tanyak ke Pak Ari'. Karena Pak Ari ada jam mengajar, dan pas kebetulan Pak Khakim tidak sibuk. Kita langsung tanya ke Pak Khakim. Jawabannya 'boleh'. Itu malah memudahkan kalian dalam membuat bab 1,2, karena judulnya sama. Tinggal yang satu pakai koma, yang satu pakai dan, yang satu pakai atau. Untuk judul, tinggal ditambahi tanda kurung. Semisal: 'SIMDOKEL di DISHUBKOMINFO (Coding), SIMDOKEL di DISHUBKOMINFO (view)'. OK. Terimakasih :)

Selasa, 25 Oktober
Aku baru kepikiran 'Kalau kita bikin sistem yang sama, hanya coding sendiri, view sendiri, dll, iya sama Pak Khakim diperbolehkan. Tapi, nanti sama dosen penguji gimana?'. Kita berempat pun pada bingung dan saling menyalahkan. 'Kemarin gak tanya?'. 'Aku baru kepikiran kaya gitu semalem.. ' eeeeeeeeaaaaaaaaaaaa Saling adu mulut. Akhirnya kita ke kampus, berniat menemui Pak Khakim. Karena jam masih menunjukkan pukul setengah delapan. Pak Khakim belum hadir. Kita memutuskan satu sistem 2 orang.

Kita ke DISHUBKOMINFO menemui Pak Toto, menyampaikan hasil tanya jawab kepada pak Khakim. Dan aku bilang : 'Kalau satu sistem dibikin dua orang ga papa'. Dan Pak Toto bercerita panjang lebar, kurang lebih satu jam. Dan menyarankan untuk bertanya ke Pudir 1. Kita pun ke kampus kembali untuk menemui Pak Ari. Dan jawaban dari Pak Ari 100% berbeda dengan jawaban Pak Khakim. 'Kalau bikin sistem gak boleh kelompok. Kecuali, kalu kalian bikin alat. Nanti yang satu bikin programnya, yang satu bikin alat, dll'. OK. Jawaban kita terima.

Rabu, 26 Oktober
Kita menemui Pak Toto untuk menyampaikan bahwa kita tidak boleh membuat sistem secara berkelompok. Yayan dan Kukuh belum kebagian sistem. Aku pusing sendiri membuat form update gak mau bekerja. Pusing pusing pusing..... Seperti minggu pertama, Rabu siang kita ada paketan mie ayam. Ueeanaakk :) Konsultasi ke Pak Toto, belum bisa dipecahkan. Akhirnya, Rabu malam aku coba nyari tutorial baru tentang CRUD. Aku coba-cobi. Alhamdulillah work!! Hatipun merasa senang :) :) :)


Read atau tampil data

Create atau tambah data

Update, edit atau ubah data

Delete atau hapus data

Kamis, 27 Oktober
Bro Yayan kebagian membuat sistem indeks harga. duhhh bukunya tebal banget, ada 176 halaman. Dan setiap halaman datanya juga banyak...... Bro Kukuh kebagian membuat sistem Izin Isindetil. Dia bawa laptop tapi nggak bawa charger. Aneh bin nyata :(

Jum'at, 28 Oktober
Hasil pencarian sudah jadi. Tapi berbentuk tabel. Yang diharapkan Pak Toto dalam bentuk form. Saya otak-atik nggak jadi-jadi. Sistemnya Yayan ada perubahan field dalam tabel MySQL, Program delete dan update malah rusak :( Kasihan.. Kasihan Kasihan Kasihan :(
Selesai kuliah, saya coba memperbaiki progam delete punya bro Yayan. Saya tes. Ehh malah kehapus semua :(
Sampai rumah, progam pencarian saya perbaiki, Alhamdulillah sesuai harapan. Tapi.. Di bagian input nama lengkap, alamat, provinsi yang muncul cuma satu kata. Semisal, nama lengkap: Kholidin Alian, yang muncul cuma Kholidin. Saya coba tanyakan ke grup FB 'pemrograman web'. Disarananin untuk menambahkan tanda petik satu ('). Dari menjadi , Alhamdulillah jadi ...

Hasil Pencarian
Tampil hasil pencarian

Foto Galeri Minggu Kedua PKL di DISHUBKOMINFO

Klik gambar untuk melihat ukuran asli

OK. Semoga bisa berbagi cerita lagi di minggu ke-3. Aamiin...... Sampai jumpa.. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Short URL this article :

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon

banner