BANTU LARISI TOKOKU YA
KHOLSTORE
Banner IDwebhost
Cara Upload File ke Google Drive dan Mendownloadnya

Cara Upload File ke Google Drive dan Mendownloadnya

Assalamu'alaikum. Semangat berkatifitas lagi di hari Senin. Semoga hari ini berkah, ya.. Aamiin. O, ya. Teman-teman punya file? Pastinya punya dong, ya. Baik itu file foto, video, mp3, dll. Terus, file-file tersebut disimpan dimana? Di Laptop? HP? Flashdisk? Menurutku mendingan jangan hanya disimpan di hardware tersebut deh..

Mengapa? Itu bahaya, gan! Kok bahaya? Iya, itu bahaya. Itu pengalaman pribadi, lho.. Kalau disimpan di HP, kalau HP-nya rusak atau terkena virus, bagaimana coba? Kalau di flashdisk juga demikian. Kalau di laptop atau PC? Bisa hilang juga, gan. Sudah saya alami tiga-tiganya itu. HP terkena virus, kalau cuma discan gak mempan. Akhirnya saya format dulu tuh HP (memori). Flashdisk pernah kehujanan. Rusak. Nggak terbaca oleh PC. File hilang. Terus. Ini kejadian yang sangat menyedihkan :-( . *boleh ikut menangis.. hehe :-) . Setahun yang lalu, PC-nya sedikit bermasalah. Lalu saya install ulang di salah satu toko komputer di daerah Kebumen. Kata teknisinya, HDD lemah. Segera back-up data. Dan akhir-akhir ini, PC saya sering bluescreen. Lagi menulis coding di tempat PKL, tiba-tiba layar berwarna biru. Saya belum tahu cara mengatasinya. Mau menekan tombol power, agak takut. Karena saya pernah dengar jika mematikan PC dengan menekan tombol power itu tidak baik. Bisa merusak perangkat elektronik.

Pada hari Kamis, 17 November 2016
Di tempat PKL PC-nya baik-baik saja. Dirumah, malam Jum'at saya menghidupkan PC tanpa menekan F2 di keyboard, langsung masuk ke BIOS. Saya coba menekan esc pada keyboard, Alhmadulillah bisa masuk ke windows. Tapi, tiba-tiba layar PC-nya berkedip-kedip. Saya coba restart, juga masih sama.
Jum'at, 18 November 2016
Di tempat PKL, saya coba hidupkan PC-nya, muncul ke BIOS lagi.. Mencoba menggunakan trik semalam, juga gak mau masuk ke windows. Saya tanya ke orang-orang di tempat PKL, dia juga gak tahu. Tanya mbah Google, ada yang bilang HDD rusak. Tuh, padahal di PC itu banyak banget file-file penting. Sampai detik ini, belum bisa mengikhlaskan.

Saya khawatiran, teman-teman juga mengalami masalah seperti saya. Sebaiknya untuk jaga-jaga, file-nya di back-up saja ke internet. Dijamin aman. Kita bisa mengunduh kapan saja asalkan terkoneksi internet. Banyak banget situs web yang menyediakan upload file gratis. Banyak juga situs web yang membayar kita ketika file yang kita upload didownload oleh orang lain. Tapi pada kesempatan kali ini, saya tidak membahas situs web yang membayar kita. Saya akan membahas Cara Upload File ke Google Drive dan Bagaimana Cara Mendownloadnya? Simak tutorialnya di bawah ini:

Pertama, teman-teman harus mempunyai akun Google+. Sudah punya semua kan? Jika belum, bisa cek disini ( Cara membuat email Gmail).
Buat yang sudah punya, langsung saja pergi ke http://drive.google.com. Silahkan login, jika belum login.
Kemudian klik button Baru atau New. Dan pilih unggah file. Lalu cari file yang akan diupload. Pilih file-nya dan klik Open. Lihat gambar di bawah.




Atau..
Di bawah tulisan Drive Saya di area kosong, klik kanan, unggah file. Dan cari lokasi file-nya




Atau..
Buka lokasi penyimpanan file di PC, tampilannya diminimize. Tarik dan tahan dan letakkan di bawah tulisan Drive Saya.


Jika berhasil, maka akan muncul proses upload. Tunggu hingga selesai. Jika berhasil diupload maka akan ada checklist berwarna hijau.




Arahkan kursornya di atas checklist, maka akan muncul button cari. Klik Cari di drive saya.


Nah.. Sampai sini kita sudah berhasil mengupload file di Google Drive. Agar bisa didownload, ikuti langkah-langkah berikut:

Klik kanan filenya. Jika ingin mendowloadnya, langsung saja klik Unduh. Namun, jika ingin orang lain juga bisa mengunduhnya, klik Bagikan...


Klik Ubah...


Pilih Publik dan Simpan


Maka file-nya akan menjadi publik. Orang lain bisa melihat dan mendowloadnya.


Nah.. Untuk membuat link download, copy link yang berwarna biru.




Setelah itu, buka Notepad, dan klik Ctrl+V pada keyboard. Ini link yang saya dapatkan:

Di link tersebut, kita mendapatkan kode unik yang berjumlah 28 digits.



Lalu copas link berikut ini:
Ganti tulisan "kodeunik" dengan 28 digits kode unik. Jadinya seperti ini:

Inilah link download-nya. Jika link-nya kita copas ke address-bar, maka akan seperti ini:

Klik Tetap Unduh, untuk mendowloadnya.

Demikianlah panjang lebar tenntang "Cara Upload File ke Google Drive dan Bagaimana Cara Mendownloadnya". Jika masih bingung bertanya dikomentar, atau jika ingin fast respon inbox fb saya di DISINI. Semoga bermanfaat, #SalamSukses! Wassalamu'alaikum.

Short URL :

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon

banner