BANTU LARISI TOKOKU YA
KHOLSTORE
Banner IDwebhost
Minggu Pertama PKL di DISHUBKOMINFO Kebumen

Minggu Pertama PKL di DISHUBKOMINFO Kebumen

Assalamu'alaikum. Selamat pagi kawan.. Ini kegiatan kami saat PKL (Praktek Kerja Lapangan) di DISHUBKOMINFO Kebumen pada minggu pertama.

Kelompok PKL kami beranggotakan 4 orang. Yaitu : Saya sendiri (Kholidin), M. Shofyan Fauri, Catur Rachman Chakim, dan Kukuh Pratogi. Dan aku juga bingung.. Sejak semester 2 sampai sekarang, anggota kelompoknya ya itu-itu aja. Paling cuma nambah 1 atau 2 orang. Dan ke-4 anggota di atas adalah anggota tetap. hehehe :)

Kita mulai PKL di DISHUBKOMINFO Kebumen mulai tanggal 18 Oktober 2016. Pada hari Senin, 17 Oktober kita berempat datang ke tempat PKL ketemu sama Pak Nasir dan Pak Toto. Disana kita ditanya, 'Kalian PKL mau ngapain? Mau membuat sistem yang baru, atau memperbaiki sistem yang lama, atau hanya bantu-bantu untuk menghabiskan masa PKL?'. Dengan muka kosong aku menjawab, 'Bikin sistem yang baru'. Ketiga teman diam. Terus, pak Nasir tanya lagi seperti pertanyaan di atas. Ditambahi kalimat, 'Yang 1 minta bikin yang baru, nanti yang tiga nggandul (ngikut)?'. Ditambahi lagi kalimat 'Coba kalian berembug atau tanya ke dosen pembimbing PKL. Kalian PKL untuk membuat sistem yang baru, atau memperbaiki sistem yang lama, atau hanya bantu-bantu untuk menghabiskan masa PKL?'.

Dan kita pergi ke kampus berembug di besmen. Hasil keputusan 'membuat sistem yang baru'.

Hari Selasa kita datang lagi ke DISHUBKOMINFO, kita cuma bertiga, si Kukuh ijin. Kita ketemu Pak Nasir dan Pak Toto, bilang kita mau bikin sistem yang baru. Pak Toto menyarankan untuk membuat SIMDOKEL. Dalam hati tertawa. 'Apa SIMDOKEL?'. Pak Toto pun menjelaskan, SIMDOKEL itu adalah Sistem Informasi Manajemen Dokumen Elektronik. Maksudnya, di sistem tersebut berisi seluruh dokumen-dokumen penting seperti KTP, KK, IJazah, dll. Dengan merasa konyol. Kita bertiga tidak ada yang bawa laptop. Dan dengan muka konyol, kita minta database ke pak Nanang. Dia bilang, 'database-nya belum dibuat'.. Maksud kita itu dokumen-dokumen dan data-data. Tapi salah mengucap.

Aku bersama Yayan ke rumahku untuk mengambil laptop. Si Catur disana sendirian. gkgkgkg. kasiaan hahah.

Dan mulailah kita membuat database pakai MySQL.

Screenshoot Database Pegawai MySQL


Tabel Pengguna

Makan siang di warung Bu Sugeng depan pabrik plastik atas saran Pak Nanang. Pakai lauk sayur usus. Banyak banget lauknya.. gak habis dehh.

Rabu, 19 Oktober,
Alhamdulillah sudah berhasil membuat form CRUD (Create, Read, Update, and Delete) ke database MySQL.


Tambah Data ke Database MySQL


Tampil, Edit, dan Hapus data dari MySQL

Bawa bekal, makan di warung bu Sugeng. Perut sudah terasa kenyang. Ehh.. Balik ke tempat PKL, dikasih mie ayam. tambah kenyang . . . .

Rabu, 20 Oktober,
Membuat form pencarian ke database MySQL

Screenshoot form Pencarian ke database MySQL

Tapi..... Hasil pencarian kosong, padahal gak ada yang error

Screenshoot tampil pencarian gak muncul pesan apa-apa.

Ada ibu-ibu yang datang ke ruangan kita mengerjakan tugas, kita di tes untuk menulis. Yang dipilih aku sama bro Kukuh. Kita berdua disuruh mengisi Nama dan NIP berkas sesuai contoh. Dan katanya, itu berkas asli. Kita harus hati-hati. Wiihhhh.. Jadi takut salah nulis.

Jum'at, 21 Oktober,
Katanya kalau hari Jum'at olahraga sampai jam 9.00 ... ?? Tapi, kita di ruangan nungguin sambil ngotak-ngatik form pencarian sampai jam 9.00, di lapangan gak ada yang olahraga. Form pencarian gak jadi-jadi, terus kita konsultasi ke Pak Toto. Sambil menampilkan hasil CRUD. CRUD & database MySQL ada beberapa perubahan, dan form pencarian juga jadi. Tapi form dan CRUD-nya ada beberapa modifikasi. Hingga jam 11.45. Terus kita jum'atan di Masjid Al-Iman Islamic.

Alhamdulillah, selama kita PKL gak hujan..

Foto Galeri Minggu Pertama PKL di DISHUBKOMINFO

Klik gambar untuk melihat ukuran asli

OK. Semoga bisa berbagi cerita lagi di minggu ke-2. Aamiin...... Sampai jumpa.. Wassalamu'alaikum wr.wb.

Short URL this article :

2 Komentar

avatar
Balas
avatar
Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon

banner