BANTU LARISI TOKOKU YA
KHOLSTORE
Banner IDwebhost
Ceritaku bersama Telkom (wifi.id)

Ceritaku bersama Telkom (wifi.id)

Ceritaku bersama Telkom wifi
Foto pribadi ketika di Telkom

Setiap hari, kita membutuhkan koneksi internet. Baik itu tugas sekolah, tugas kuliah, kebutuhan kerja, atau hanya sekedar refreshing untuk mencari hiburan atau menjalankan hobi.

Sebagai salah satu mahasiswa, saya tidak pernah lepas dari yang namanya internet. Saya gunakan internet yaitu untuk mengerjakan tugas dari dosen, juga untuk mencari referensi materi kuliah. Selain itu, saya juga menggunakan internet untuk mencari hiburan dan menjalankan hobi saya sebagai seorang blogger.

Untuk hiburan, saya mengandalkan situs YouTube untuk menonton video secara gratis. Jika ada video yang lucu, bisanya langsung saya download sebagai koleksi. Selain YouTube, saya juga mencari film-film terbaru di Google, dan saya mendownloadnya. Apalagi kalau selesai ujian, saya dan teman-teman pecinta film berburu film terbaru. Kata teman saya, 'kepala habis mumet (pusing), harus cari film terbaru sebagai hiburan dan obat stress'. Ada benernya juga, sih.. sssttt... film-film yang kami cari bukan film yang negatif, ya..

Selain memanfaatkan internet sebagai tempat hiburan, saya menggunakannya untuk terhubung dengan teman-teman di social media. Juga menjalankan aktifitas saya sebagai blogger aktif. Ngomong-ngomong tentang blogger, ada kisah menarik lhoo.

Berawal dari kebutuhan hidup yang terus meningkat, seperti uang bensin, uang pulsa, juga biaya kuliah yang tidak bisa ditinggalkan. Memang, sampai saat ini ibu saya yang masih membiayai kuliah saya. Tapi, uang bensin, pulsa, dan uang jajan, masa minta sama orang tua? Kan, kasihan.. Lalu, saya mencoba berjualan pulsa. Tapi.. hasilnya apa? Saldo pulsa malah habis dipakai sendiri. (*hehehe) Gagal!! Kalau begini harus cari alternatif lain.

Kemudian, saya bertanya sama mbah Google, 'Bagaimana si cara mendapatkan uang di internet?'. Dan tampillah beberapa jawaban di halaman pertama Google. Beberapa jawaban merekomendasikan bermain game online. Tapi saya tidak mahir dalam bermain game. Apalagi game online? Tidakkk..

Selain game online, ada jawaban yang merekomendasikan untuk bisnis online. Disini saya bingung, produk apa yang akan saya jual? Dimana saya bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga grosir? Produk apa yang paling dicari? Dan saya sendiri juga belum paham tentang kirim-mengirim barang. Saya pun bingung. Cari lagi...

Untuk pertanyaan seputar usaha sampingan, saya masih mengandalkan Google. Pada akhir 2014, ada jawaban yang merekomendasikan untuk menjadi penulis lepas di Blogger. Akhirnya, pada bulan Januari 2015 (* maaf, ya. Tanggalnya saya lupa) saya membuat blog di blogspot.com dengan alamat blog http://kholidintok.blogspot.com, dan judul blog بلوڮ Ø®َالِدٍ.
2 bulan yang lalu, alamat blog saya saya custom domain menjadi www.kholidintok.tk. Blog ini berisi campuran. Dari mulai tugas kuliah, materi kuliah, tutorial, download aplikasi, video, dan masih banyak lagi. Pokoknya blog ini berisi campuran, dan tanpa topik yang jelas.

Setelah membuat blog, saya menelusuri Google dengan kata kunci 'cara mendapatkan uang dari blog'. Banyak teman-teman blogger yang memposting tutorial ini. Ada yang menyarankan menjadi publisher dengan memasang iklan PPC di widget blog. Di postingan yang membuat tutorial tersebut, ada beberapa teman blogger yang menampilkan screenshoot bukti pembayaran iklan PPC. Saya pun tertarik. Saya mendaftarkan blog saya ke beberapa iklan PPC, dari yang lokal, sampai yang dari luar negeri.

Satu bulan, dua bulan, tiga bulan berlangsung menjadi publisher, tapi apa hasilnya? Saya cek ada yang baru mendapatkan Rp900,- $0.00005, malahan ada yang 0 klik. Gagal menjadi publisher. Ya, saya akui pengunjung blog saya masih sedikit. Jika hanya mengandalkan iklan PPC, belum dikatakan sukses menjadi seorang blogger seperti saya. Lalu . . .

Cari alternatif lagi..

Rasa semangat masih ada dalam diri saya agar bisa mendapakatkan penghasilan dari usaha sampingan, apalagi yang berhubungan dengan hobi. Harus semangat..

Saya iseng-iseng buka Google untuk mencari kontes online berhadiah. Kebetulan, hasil penelusuran Google menyarankan saya untuk mengunjungi sebuah situs web. Dan saya buka situs tersebut. Saya lihat-lihat, baca-baca. Ada info kontes foto, video, testimoni, dan yang gak kalah penting, hadiahnya lhooo.. keren-keren banget. Dari mulai berhadiah uang, android, voucher, tiket liburan, dan masih banyak lagi pokoknya deh.. 'wahh.. ini web yang menarik (*dalam hati saya). Karena web ini update setiap hari, saya pun men-submit email saya untuk berlangganan info kontes terbaru dari web ini secara gratis.

Kadang webnya saya buka lewat ponsel, kadang juga lewat PC. Berbagai kontes saya ikuti. Tapi gak menang-menang. Entah kenapa..

Dan pada suatu hari, saya buka web tersebut ada informasi kontes blog. 'Kebetulan banget nih, saya punya blog' (*dalam hati). Yang pasti, pada setiap kontes ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti harus like dan follow semua akun sosmed penyelenggara kontes. Karena kemarin-kemarin saya belum punya akun IG, dan rasa semangat saya untuk mengikuti suatu kontes, saya pun membuat akun IG dengan username @kholidin_alian (* difollow, ya, teman-teman.. hehe). Sering kali saya mengikuti kontes blog, termasuk pada postingan ini saya ikutkan dalam kontes blog yang diadakan oleh Telkom yang bekerjasama dengan Idblognetwork. Sampai saat ini saya belum pernah memenangkan kontes blog. Tapi, di lain sisi dalam mengikuti kontes blog ada banyak dampak positif yang saya dapatkan. Diantaranya:

  1. Membuat konten berkualitas Kontes blog tingkat nasional yang pastinya pesertanya ratusan, bahkan ribuan, dari blogger pemula, sampai master, dan yang pastinya yang dinilai kualitas konten, ide kreatifitas dalam membuat konten harus dikerahkan semaksimal mungkin. Ya, intinya kita harus berlomba-lomba dalam membuat konten yang berkualitas.
    Kalau memang belum rejeki, kita lihat dan baca-baca konten para pemenang. Kenapa si dia bisa menang? Sehingga kita semakin terasah kemampuan kita untuk menulis.

  2. Meningkatnya jumlah pengunjung Para peserta kontes blog, termasuk saya, sebelum membuat atau mempublikasikan artikel, biasanya terlebih dahulu baca-baca artikel peserta kontes. Selain itu, kita share ke sosmed dengan mention penyelenggara kontes akan meningkatkan statistik blog. Karena akun sosmed-nya sudah ribuan follower. Sangat mempengaruhi statistik blog, bukan?
    Statistik blog saya yang dulunya kurang dari 100 viewers per bulan, dan Alhamdulillah sekarang sudah rata-rata 100 viewers lebih per hari. Coba lihat screenshoot statistik blog saya, yang diambil pada tanggal 20 Oktober 2016.

    Gambar statistik blog saya

  3. Berpeluang mendapatkan hadiah Kita adalah pemenang. Meskipun tidak memenangkan lomba, tapi kita adalah pemenang. Kenapa begitu? Karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik. Dalam setiap lomba, pasti setiap peserta mempunyai peluang mendapatkan hadiah. Ya, meskipun hanya peluang. Paling tidak, kita sudah berpartisipasi dalam lomba. Menang atau kalah lomba itu belakangan. Kalau banyak yang berpartisipasi, kan bisa jadi penyelenggara sering-sering mengadakan lomba. Kalau belum menang hari ini, siapa tahu besok bisa menang. Bukankah begitu, teman?

Lalu, bagaimana saya mengakses internet?

Awalnya saya menggunakan ponsel. Setelah punya PC, saya menggunakan modem. Tapi, karena saya tinggal di daerah pegunungan, beberapa tahun belakangan ini kualitas jaringan di daerah saya menurun, terpaksa mengakses internet di warnet.

Setahun yang lalu, ada tugas kelompok. Saya dan teman kelompok ke warnet untuk mencari materi tugas kuliah. Tapi, kursi warnet penuh. Dan kebetulan teman saya ada yang bawa laptop. Teman yang satunya mengajak ke Telkom di jalan Pahlawan No. 165 Kebumen, atau sebelah timur Kantor Pos Kebumen (dekat alun-alun kebumen).

Hanya dengan voucher dengan harga Rp 5000, kita bisa menikmati internet sepuasnya dalam sehari. Selain itu, unlimited.. Murah kan? Tapi bukan murahan lhoo.. karena koneksinya juga lancar.. Dan sejak itu, saya jatuh cinta sama layanan Telkom yang satu ini. Yaitu wifi.id. Dua minggu atau sebulan sekali saya menggunakan layanan ini.

Apa itu wifi.id?

Wifi.Id adalah suatu layanan dimana Telkom sebagai penyedia layanan WiFi menyediakan akses internet melalui akses poin dengan SSID @wifi.id. dan untuk menikmati akses wifi.id, kita sebagai pelanggan harus membeli voucher wifi.id yang terdiri dari username dan password yang digunakan sebagai akses login internet @wifi.id. (Sumber: http://www.telkomsel.com/tselwifiid). Harga vouchernya pun bervariatif. Yaitu, Rp 5.000 per hari, Rp 20.000 per minggu, dan Rp 50.000 per bulan (30 hari).

Bagaimana cara menggunakan layanan @wifi.id?

  1. Datang ke area wifi.id Pertama, kita harus datang ke area yang tercover wifi.id dengan membawa smartphone atau laptop dan charger (jika perlu). Karena disana kita juga bisa mencharge gadget kita. Juga membawa uang untuk membeli voucher. Kalau di Kebumen ada di jalan Pahlawan No. 165 Kebumen, sebelah timur Kantor Pos, dekat Alun-alun Kebumen. Silahkan datang.

  2. Beli voucher wifi.id Keluarin uang untuk membeli voucher wifi.id. Untuk harga voucher, sudah saya sebutkan di atas, ya.. Disini saya membeli voucher dengan harga Rp 5.000, unlimited 12 jam.

    Gambar beli voucher wifi.id harga Rp 5.000,-

    Setelah beli voucher, kemudian gosok dengan koin.

    Gambar menggosok voucher dengan koin.

    Oh, ya. Belinya dimana? Saya belinya di pos satpam. Kalau beli pakai pulsa, bisa gak? Bisa. Untuk info beli voucher wifi.id pakai pulsa melalui SMS bisa cek DISINI>> http://www.telkomsel.com/tselwifiid

  3. Mengakses internet Untuk yang pakai desktop/laptop, klik simbol wifi di pojok kanan bawah. Cari yang @wifi.id, dan klik Connect. Jika sudah, buka browser. Disini saya menggunakan Mozilla. Pada address bar, tulis terserah dan tekan enter pada keyboard. Dalam kasus, saya menulis blogger.com.
    Maka akan terbuka situs wifi.id. Masukkan username dan password yang ada di voucher tadi. Dan Klik Login.

    Gambar keterangan username dan password dari voucher wifi.id

    Jika benar, maka di form yang tadi buat login ada tulisan 'Lanjutkan'. Silahkan klik 'Lanjutkan'. Maka akan terbuka tab baru menuju situs atau web yang tadi ditulis di address bar.

Dan, selamat berinternet ria. Gunakan internet untuk hal-hal yang positif, ya..

Harapanku kepada Telkom yang sedang ulang tahun ini, khususnya layanan Telkomsel, 'Mohon kualitas jaringannya ditingkatkan lagi. Khususnya di daerah pelosok, atau daerah pegunungan yang jaringannya masih lemah'. Agar masyarakat semakin mudah mengakses internet menuju #IndonesiaMakinDigital

Nah, itu dia 'Ceritaku bersama Telkom (wifi.id)'. Apa ceritamu?

Yuk, ceritakan pengalaman menarikmu menggunakan produk atau layanan dari Telkom Group dengan mengikuti kontes blog yang diadakan oleh Telkom yang bekerjasama dengan idblognetwork. (Untuk info lengkap seputar layanan dan produk Telkom, cek disini www.telkom.co.id atau seputar produk telkomsel, cek disini www.telkomsel.com). Untuk info lengkap tentang kontes blog dari Telkom, silahkan klik banner di bawah ini:

Kontes Blog & Vlog Telkom

Akun Sosial Media:
Facebook : Kholidin Ifc Alian
Twitter : @Kholidin_Alian
Instagram : @kholidin_alian
Google+ : Kholidin Alian

Short URL this article :

5 Komentar

avatar

Sudah coba pakai wifi.id ya mas?

Balas
avatar

Iya sudah coba, gan. Mengakses internet jadi lebih lancar pakai wifi.id

Balas
avatar
Balas
avatar

Aamiin.. terimakasih do'anya.
Sudah pernah pakai layanan wifi.id belum, bang?

Balas
avatar

I like your post reallity of this is most helpfull for mankind.So,i invited u for visited my site http://softwaresbit.com

Balas

Komentar dan saran sangat kami butuhkan untuk meningkat kualitas blog kami

*Budayakan anti spam

Emoticon

banner